MENGGALA-WN- Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Provinsi Lampung, Wirahadikusumah, memberikan tips penulisan berita yang layak di konsumsi publik.

Menurut dia, syarat utama dalam penulisan berita, mesti memperhatikan ketentuan atau prinsip 5 W, 1 H, dan 1 S.

“Yang harus diperhatikan oleh seorang ketika menulis berita adalah 5W plus 1H, seperti who, what, why, when, where, dan how plus safety,”¬†kata Wira saat memberikan materi pelatihan kepada operator kampung se-Kabupaten Tulangbawang, di Hotel Le’Man, Senin, 20 September 2021.

Keberadaan operator atau humas, lanjut dia, sangat penting dan krusial, karena harus mampu menjembatani hubungannya dengan publik atau masyarakat.

Humas dalam sebuah organisasi, bukan sekedar membangun reputasi positif dan nama baik organisasi, melaikan menjadi ujung tombak agar organisasi lebih dipercaya publik. Oleh sebab itu, praktisi humas mesti dituntut memiliki skill komunikasi yang mumpuni.

Mahasiswa Magister Hukum Universitas Bandar Lampung itu pun memberikan tips kepada aparatur kampung, cara menulis sebuah berita pembangunan maupun profil kampung agar lebih mudah dipahami masyarakat.

Tips yang ia maksud yakni, dengan terlebih dahulu menentukan tema berita, sumber tulisan, wawancara, observasi, dan dokumentasi, membuat kerangka tulisan, tata bahasa dan kosakata serta tanda baca dan struktur kalimat, kemudian kutipan dan atribusi.

“Berita atau informasi yang kita buat harus mudah dipahami oleh pembaca. Sehingga mereka bisa menangkap apa maksud dari informasi yang diberikan,” ujarnya.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here